PROPOSAL
REHABILITASI RUANG
KELAS
MADRASAH ALIYAH
YSPIS REMBANG
BAB
I
PENDAHULUAN
I.
LATAR BELAKANG
Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal di
Indonesia diakui memiliki potensi dan mampu memainkan peranan penting dalam
membentuk manusia seutuhnya (insan kamil), dan sejak puluhan tahun telah
melakukan rekayasa sumber daya manusia yang saat ini justru masih menjadi
prioritas program pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang
disertai iman dan taqwa (IMTAQ).
Di era globalisasi dewasa ini, tantangan yang dihadapi
generasi muda muslim memang sungguh semakin berat. Pergaulan bebas dan kemajuan
teknologi yang tanpa batas menyebabkan terjadinya pergeseran-pergeseran budaya,
sehingga dibutuhkan generasi cerdas yang berpegang teguh pada prinsip “Al-muhafadzah
‘ala qodimi al-sholah wal al-akhdzu bi al-jadidi al-ashlah” sehingga mampu
memberikan upaya-upaya konkrit sebagai filter dekadensi moral tersebut.
Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi
bagian yang sangat penting sebagaimana tersirat dalam Tujuan Pendidikan
Nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia
Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mantap dan mandiri
serta rasa tanggug jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Seiring dalam konteks pendidikan mencakup masalah
input, proses dan out put pendidikan agar peserta didik bisa bermutu, maka
perlu terpenuhinya sarana dan prasarana sebagai penunjang pendidikan untuk
mencapai suatu tujuan yang diharapkan.
Namun berdasarkan kenyataan, Madrasah Aliyah YSPIS
Gandrirojo Kec. Sedan
Kab. Rembang memerlukan renovasi dan rehabilitasi ruang kelas untuk memenuhi
kebutuhan sarana prasarana.
Dengan diberikannya bantuan renovasi dan rehabilitasi tersebut
diharapkan mampu membantu menuntaskan program pemerintah yakni mencerdaskan
kehidupan bangsa.
Oleh karena itu, MA YSPIS Gandrirojo sangat
mengharapkan bantuan dari Bapak Gubernur Jawa Tengah untuk menyukseskan program
renovasi dan rehabilitasi demi tercapainya tujuan-tujuan positif dimaksud.
II.
TUJUAN
1.
Mengoptimalkan proses belajar
mengajar yang bertujuan pada pencapaian tujuan pendidikan.
2.
Terbangunnya ruang kelas yang
secara fisik dalam kondisi layak sebagai sarana penyelenggaraan kegiatan belajar
mengajar.
3.
Adanya pemberdayaan dalam
pelaksanaan program pendidikan.
4.
Mengupayakan rasa aman dan nyaman
bagi warga madrasah dalam kegiatan belajar mengajar.
III.
SASARAN
Rehabilitasi ruang belajar siswa yang standard
sehingga tercapai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas dalam memberdayakan
sarana dan prasarana madrasah sehingga menjadi madrasah yang bermutu dengan
harapan tercapainya situasi dan kondisi belajar yang memadai.
IV.
GAMBARAN LANGKAH-LANGKAH
PELAKSANAAN
1.
Perencanaan
a.
Mengadakan rapat antara Kepala
Madrasah, Guru dan Komite Madrasah untuk pembentukan Panitia Pelaksana.
b.
Menyusun proposal bersama dengan
konsultasi ahli bangunan.
2.
Pelaksanaan
a.
Pekerjaan persiapan
b.
Pekerjaan pondasi
c.
Pekerjaan struktur
d.
Pekerjaan dinding
e.
Pemeliharaan dan pelaporan
3.
Pengawasan
Terdiri dari :
a.
Kepala Madrasah
b.
Komite Madrasah
4.
Pelaporan
Setelah pekerjaan selesai, panitia pelaksana segera melaporkan dan
mempersiapkan SPJ penggunaan bantuan tersebut.
BAB
II
PROFIL
MADRASAH
1.
Identitas Madrasah
- Nomor Statistik Madrasah : 31 2 33 17 00 325
- Nomor Statistik Bangunan : -
- Nama Madrasah : Madrasah Aliyah YSPIS
- Alamat Madrasah : Jln. Pandangan Km. 07 Gandrirojo Desa Gandrirojo Kecamatan Sedan
Kabupaten
Rembang
HP.
081 326083590
- Sekolah dibuka Tahun : 1995
- Status Madrasah : Swasta
- SK/Izin Pendirian Madrasah : No. WK/5.a/PP.03.2/3991/1998
Tanggal
25 Oktober 1998
- Akreditasi : “B”
- Yayasan/Penyelenggara : BPPM-NU Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo
Desa
Gandrirojo Kec. Sedan
Kab. Rembang
HP.
081 326083590
2.
Personalia Madrasah
a.
Pegawai Madrasah pada Tahun
Akademik 2007/2008
No
|
Jabatan
|
Jenis Kelamin
|
Jml
|
PNS
|
PT
|
GTT
|
Jml
|
||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||
1
|
Kepala
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
Guru
|
17
|
3
|
20
|
1
|
-
|
3
|
-
|
13
|
3
|
20
|
3
|
Pegawai
|
4
|
2
|
6
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
2
|
6
|
4
|
Penjaga
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
5
|
Pesuruh
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
23
|
5
|
28
|
1
|
-
|
4
|
-
|
18
|
5
|
28
|
b.
Keadaan Siswa pada Lima (5) Tahun Terakhir
Kelas
|
2002/2003
|
2003/2004
|
2004/2005
|
2005/2006
|
2006/2007
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
|
Kelas 1 / X
|
42
|
38
|
45
|
36
|
41
|
32
|
47
|
27
|
50
|
41
|
Kelas 2 / XI
|
25
|
23
|
42
|
35
|
43
|
31
|
40
|
31
|
49
|
26
|
Kelas 3 / XII
|
25
|
14
|
23
|
22
|
40
|
33
|
44
|
27
|
39
|
30
|
Jumlah
|
92
|
75
|
110
|
93
|
124
|
96
|
131
|
85
|
138
|
97
|
3.
Kondisi Fisik Madarasah
Sejak berdiri tahun 1995, Madrasah Aliyah YSPIS
Gandrirojo Kecamatan Sedan kabupaten Rembang diberi hak guna dua gedung
sederhana oleh Yayasan Sosial dan Pendidikan Gandrirojo Islamiyah Syafiiyah
(YSPIS) yang kini secara de yure yayasan tersebut telah merger di bawah bendera
Badan Pelaksana Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama (BPPM-NU) Islamiyah
Syafiiyah, yang kemudian hingga tahun 2007 Madrasah Aliyah YSPIS telah menempati
6 unit gedung bantuan dari pemerintah dan sebagian dari wali murid dengan luas
tanah seluruhnya 112 x 104 m2.
4.
Kegiatan Madrasah
- Visi
Menyiapkan Sumber Daya Manusia berkualitas, populis, religius dan
berwawasan ke depan.
- Misi
Adapun misi
Madrasah Aliyah YSPIS dapat digambarkan sebagai berikut :
1.
Sumber daya manusia berkualitas,
yaitu madrasah yang mampu mencetak generasi bangsa yang memiliki kemampuan dan
ketrampilan yang cukup dan sanggup menghadapi tantangan zaman.
2.
Populis, yaitu madrasah yang
selalu dicintai oleh masyarakat karena madrasah ini tumbuh dari masyarakat dan
dikembangkan oleh masyarakat.
3.
Religius, yaitu madrasah yang
menyiapkan generasi bangsa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan
landasan iman dan takwa.
4.
Berwawasan ke depan, yaitu
madrasah yang diarahkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran global
siswa dan memiliki motivasi untuk memandang jauh ke depan dan menyakini dapat
berbuat banyak di dalamnya.
- Program
~
Pembinaan ketaqwaan dan
keluhuran budi
~
Pembinaan Prestasi akademik
~
Pembinaan bakat dan minat
~
Pengembangan budaya
- Tujuan
~
Terwujudnya peserta didik
yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
~
Terwujudnya generasi yang
memiliki Basthotan fil ‘ilmi wal jism
~
Terbentuknya peserta didik
yang berbudi pekerti luhur
~
Terselenggaranya proses
belajar mengajar yang efektif dan efisien
~
Tercapainya peningkatan
hasil rata-rata Ujian Nasional
~
Tumbuhnya budaya kompetitif
prestasi di kalangan siswa.
- Strategi
~
Optimalisasi pendidikan
agama dan keluhurana budi
~
Aktualisasi nilai-nilai
keagamaan dan keluhuran budi
~
Optimalisasi proses
kegiatan belajar mengajar
~
Refungsionalisasi kelompok
belajar
~
Pengembangan kompetensi
dasar Bahasa Inggris – Bahasa Arab
~
Pembentukan kelompok olah
raga / seni
~
Pengembangan sarana dan
prasarana
~
Optimalisasi kegiatan
ekstrakurikuler.
1 komentar:
Semangat selalu dan pantang mundur
Post a Comment