Saturday 16 June 2012

PROPOSAL REHABILITASI RUANG KELAS


PROPOSAL
REHABILITASI RUANG KELAS
MADRASAH ALIYAH YSPIS REMBANG


BAB I
PENDAHULUAN


I.             LATAR BELAKANG
Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal di Indonesia diakui memiliki potensi dan mampu memainkan peranan penting dalam membentuk manusia seutuhnya (insan kamil), dan sejak puluhan tahun telah melakukan rekayasa sumber daya manusia yang saat ini justru masih menjadi prioritas program pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang disertai iman dan taqwa (IMTAQ).
Di era globalisasi dewasa ini, tantangan yang dihadapi generasi muda muslim memang sungguh semakin berat. Pergaulan bebas dan kemajuan teknologi yang tanpa batas menyebabkan terjadinya pergeseran-pergeseran budaya, sehingga dibutuhkan generasi cerdas yang berpegang teguh pada prinsip “Al-muhafadzah ‘ala qodimi al-sholah wal al-akhdzu bi al-jadidi al-ashlah” sehingga mampu memberikan upaya-upaya konkrit sebagai filter dekadensi moral tersebut.
Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi bagian yang sangat penting sebagaimana tersirat dalam Tujuan Pendidikan Nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mantap dan mandiri serta rasa tanggug jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Seiring dalam konteks pendidikan mencakup masalah input, proses dan out put pendidikan agar peserta didik bisa bermutu, maka perlu terpenuhinya sarana dan prasarana sebagai penunjang pendidikan untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan.
Namun berdasarkan kenyataan, Madrasah Aliyah YSPIS Gandrirojo Kec. Sedan Kab. Rembang memerlukan renovasi dan rehabilitasi ruang kelas untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana.
Dengan diberikannya bantuan renovasi dan rehabilitasi tersebut diharapkan mampu membantu menuntaskan program pemerintah yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.
Oleh karena itu, MA YSPIS Gandrirojo sangat mengharapkan bantuan dari Bapak Gubernur Jawa Tengah untuk menyukseskan program renovasi dan rehabilitasi demi tercapainya tujuan-tujuan positif dimaksud.


II.          TUJUAN
1.      Mengoptimalkan proses belajar mengajar yang bertujuan pada pencapaian tujuan pendidikan.
2.      Terbangunnya ruang kelas yang secara fisik dalam kondisi layak sebagai sarana penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
3.      Adanya pemberdayaan dalam pelaksanaan program pendidikan.
4.      Mengupayakan rasa aman dan nyaman bagi warga madrasah dalam kegiatan belajar mengajar.

III.       SASARAN
Rehabilitasi ruang belajar siswa yang standard sehingga tercapai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas dalam memberdayakan sarana dan prasarana madrasah sehingga menjadi madrasah yang bermutu dengan harapan tercapainya situasi dan kondisi belajar yang memadai.

IV.       GAMBARAN LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
1.      Perencanaan
a.       Mengadakan rapat antara Kepala Madrasah, Guru dan Komite Madrasah untuk pembentukan Panitia Pelaksana.
b.      Menyusun proposal bersama dengan konsultasi ahli bangunan.
2.      Pelaksanaan
a.       Pekerjaan persiapan
b.      Pekerjaan pondasi
c.       Pekerjaan struktur
d.      Pekerjaan dinding
e.       Pemeliharaan dan pelaporan
3.      Pengawasan
Terdiri dari :
a.       Kepala Madrasah
b.      Komite Madrasah
4.      Pelaporan
Setelah pekerjaan selesai, panitia pelaksana segera melaporkan dan mempersiapkan SPJ penggunaan bantuan tersebut.





BAB II
PROFIL MADRASAH

1.      Identitas Madrasah
  1. Nomor Statistik Madrasah         :        31 2 33 17 00 325
  2. Nomor Statistik Bangunan        :        -
  3. Nama Madrasah                         :        Madrasah Aliyah YSPIS
  4. Alamat Madrasah                       :        Jln. Pandangan Km. 07 Gandrirojo                                        Desa Gandrirojo Kecamatan Sedan
                                                                  Kabupaten Rembang
                                                                  HP. 081 326083590
  1. Sekolah dibuka Tahun               :        1995
  2. Status Madrasah                        :        Swasta
  3. SK/Izin Pendirian Madrasah      :        No. WK/5.a/PP.03.2/3991/1998
                                                                  Tanggal 25 Oktober 1998
  1. Akreditasi                                  :        “B”
  2. Yayasan/Penyelenggara             :        BPPM-NU Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo
                                                                  Desa Gandrirojo Kec. Sedan Kab. Rembang
                                                                  HP. 081 326083590

2.      Personalia Madrasah
a.      Pegawai Madrasah pada Tahun Akademik 2007/2008
No
Jabatan
Jenis Kelamin
Jml
PNS
PT
GTT
Jml
L
P
L
P
L
P
L
P
1
Kepala
1
-
1
-
-
1
-
-
-
1
2
Guru
17
3
20
1
-
3
-
13
3
20
3
Pegawai
4
2
6
-
-
-
-
4
2
6
4
Penjaga
1
-
1
-
-
-
-
1
-
1
5
Pesuruh
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Jumlah
23
5
28
1
-
4
-
18
5
28

b.      Keadaan Siswa pada Lima (5) Tahun Terakhir
Kelas
2002/2003
2003/2004
2004/2005
2005/2006
2006/2007
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
Kelas 1 / X
42
38
45
36
41
32
47
27
50
41
Kelas 2 / XI
25
23
42
35
43
31
40
31
49
26
Kelas 3 / XII
25
14
23
22
40
33
44
27
39
30
Jumlah
92
75
110
93
124
96
131
85
138
97


3.      Kondisi Fisik Madarasah
Sejak berdiri tahun 1995, Madrasah Aliyah YSPIS Gandrirojo Kecamatan Sedan kabupaten Rembang diberi hak guna dua gedung sederhana oleh Yayasan Sosial dan Pendidikan Gandrirojo Islamiyah Syafiiyah (YSPIS) yang kini secara de yure yayasan tersebut telah merger di bawah bendera Badan Pelaksana Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama (BPPM-NU) Islamiyah Syafiiyah, yang kemudian hingga tahun 2007 Madrasah Aliyah YSPIS telah menempati 6 unit gedung bantuan dari pemerintah dan sebagian dari wali murid dengan luas tanah seluruhnya 112 x 104 m2.

4.      Kegiatan Madrasah
  1. Visi
Menyiapkan Sumber Daya Manusia berkualitas, populis, religius dan berwawasan ke depan.
  1. Misi
Adapun misi Madrasah Aliyah YSPIS dapat digambarkan sebagai berikut :
1.      Sumber daya manusia berkualitas, yaitu madrasah yang mampu mencetak generasi bangsa yang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang cukup dan sanggup menghadapi tantangan zaman.
2.      Populis, yaitu madrasah yang selalu dicintai oleh masyarakat karena madrasah ini tumbuh dari masyarakat dan dikembangkan oleh masyarakat.
3.      Religius, yaitu madrasah yang menyiapkan generasi bangsa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan landasan iman dan takwa.
4.      Berwawasan ke depan, yaitu madrasah yang diarahkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran global siswa dan memiliki motivasi untuk memandang jauh ke depan dan menyakini dapat berbuat banyak di dalamnya.
  1. Program
~        Pembinaan ketaqwaan dan keluhuran budi
~        Pembinaan Prestasi akademik
~        Pembinaan bakat dan minat
~        Pengembangan budaya
  1. Tujuan
~        Terwujudnya peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
~        Terwujudnya generasi yang memiliki Basthotan fil ‘ilmi wal jism
~        Terbentuknya peserta didik yang berbudi pekerti luhur
~        Terselenggaranya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien
~        Tercapainya peningkatan hasil rata-rata Ujian Nasional
~        Tumbuhnya budaya kompetitif prestasi di kalangan siswa.

  1. Strategi
~        Optimalisasi pendidikan agama dan keluhurana budi
~        Aktualisasi nilai-nilai keagamaan dan keluhuran budi
~        Optimalisasi proses kegiatan belajar mengajar
~        Refungsionalisasi kelompok belajar
~        Pengembangan kompetensi dasar Bahasa Inggris – Bahasa Arab
~        Pembentukan kelompok olah raga / seni
~        Pengembangan sarana dan prasarana
~        Optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler.

1 komentar:

Semangat selalu dan pantang mundur

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More