RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
: SMPNegeri7 Tuban
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas /Semester
|
: VIII/2
|
Standar Kompetensi
|
: 10. Mengemukakan pikiran, perasaan,
dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
|
Kompetensi Dasar
|
: 10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan,
dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
|
Alokasi Waktu
|
: 2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
1.
Tujuan
Pembelajaran
·
Melalui kegiatan diskusi peserta didik
mampu menyampaikan sanggahan dan penolakan pendapat dalam
diskusi dengan etika yang baik dan argumentatif dengan santun.
v Karakter siswa yang diharapkan:
Perhatian
Tekun
Bersahabat
Kerjasama
Tanggung jawab
Rasa hormat
Logis
Santun
2.
Materi
Pembelajaran
Diskusi merupakan suatu
bentuk bertukarpikiran yang teratur dan
terarah baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. Beberapa
pendapat akan muncul dalam diskusi. Pendapat merupakan gagasan,
pikiran, atau ide tentang suatu hal (orang atau peristiwa). Jika Anda
mengajukan pendapat dalam diskusi, Anda harus menyertakan
argumentasi. Argumentasi adalah pemberian alasan, contoh, dan bukti
sehingga peserta diskusi membenarkan pendapat, gagasan, dan sikap.
Anda dapat mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap
pendapat orang lain. Akan tetapi, persetujuan dan penolakan tersebut
harus bersifat objektif dan disertai alasan yang logis.
terarah baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. Beberapa
pendapat akan muncul dalam diskusi. Pendapat merupakan gagasan,
pikiran, atau ide tentang suatu hal (orang atau peristiwa). Jika Anda
mengajukan pendapat dalam diskusi, Anda harus menyertakan
argumentasi. Argumentasi adalah pemberian alasan, contoh, dan bukti
sehingga peserta diskusi membenarkan pendapat, gagasan, dan sikap.
Anda dapat mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap
pendapat orang lain. Akan tetapi, persetujuan dan penolakan tersebut
harus bersifat objektif dan disertai alasan yang logis.
Contoh kalimat persetujuan pendapat:
Saya sependapat dengan pendapat Saudara bahwa motivasi itu
berasal
dari diri sendiri dan didukung oleh dorongan orang-orang sekitar. Hal
terpenting untuk memotivasi diri adalah tetap teguh pendirian dan sabar.
dari diri sendiri dan didukung oleh dorongan orang-orang sekitar. Hal
terpenting untuk memotivasi diri adalah tetap teguh pendirian dan sabar.
Contoh
kalimat penolakan pendapat:
Saya kurang sependapat dengan apa yang Anda sampaikan karena
wirausaha memerlukan modal, bukan hanya kemauan. Kemauan tanpa
ada kemampuan sama saja nol.
wirausaha memerlukan modal, bukan hanya kemauan. Kemauan tanpa
ada kemampuan sama saja nol.
Agar Anda mampu mengemukakan
pendapat dengan alasan yanglogis, lakukan langkah-langkah berikut.
1.
Berpikir kritis dan logis.
2.
Menjauhkan emosi dan subjektivitas.
3.
Mampu memilih fakta yang sesuai dengan tujuan sehingga
dapatditarik kesimpulan yang sulit dibantah.
Selain tanggapan, dalam
diskusi juga ada berbagai pertanyaan yang
diajukan. Pertanyaan tersebut harus sesuai dengan materi yang dibahas.
Pertanyaan tidak boleh memojokkan orang lain.
diajukan. Pertanyaan tersebut harus sesuai dengan materi yang dibahas.
Pertanyaan tidak boleh memojokkan orang lain.
Contoh:
Kita mengetahui bangsa
Indonesia memiliki keragaman suku dan
budaya. Bagaimana pemerintah memajukan Indonesia dengan beragam
perbedaan kultur dan budaya tersebut?
budaya. Bagaimana pemerintah memajukan Indonesia dengan beragam
perbedaan kultur dan budaya tersebut?
Ada beberapa hal yang harus
Anda perhatikan ketika mengemukakan
tanggapan.
tanggapan.
1.
Cara mengemukakan pertanyaan dan tanggapan.
a.
Pertanyaan dan tanggapan yang dikemukakan berhubungan dengan
masalah yang sedang dibicarakan.
b.
Pertanyaan dan tanggapan dapat mempercepat pemahaman masalah,
penemuan sebab, dan pemecahan masalah.
c.
Pertanyaan dan tanggapan tidak mengulangi pendapat yang pernah
disampaikan peserta lain.
d.
Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan kata dan kalimat
yang tepat.
e.
Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan sikap terbuka dan
sopan.
f.
Pertanyaan dan tanggapan dapat didukung atau diperjelas dengan
gerak, mimik, nada suara, tekanan, dan intonasi.
2.
Menolak atau menyanggah pendapat orang lain harus mengingat
hal berikut.
a.
Emosi marah dan prasangka negatif harus dihindari.
b.
Sanggahan harus objektif, logis, dan jujur.
c.
Menunjukkan data, fakta, ilustrasi, contoh, atau perbandingan
yang dapat meyakinkan peserta lain.
d.
Sanggahan atau penolakan disampaikan secara urut, terperinci,
teliti, dan tidak berbelit-belit. Dengan demikian, sanggahan mudah dimengerti.
e.
Jangan menjelekkan orang lain.
Memberikan
sanggahan dalam adu pendapat disertai bukti. Untuk membahas suatu masalah,
dilakukan berbagai diskusi. Dalam kegiatan ini, siswa berlatih mengemukakan pendapat dan menyanggah
pendapat/ menolak usul yang ada dalam diskusi.
Siswa
akan memperbincangkan sebuah soal diskusi sederhana namun sarat makna :
Bahan diskusi.
|
Permasalahan :
Peserta didik diminta untuk membayangkan posisinya sebagai seorang polisi
di tengah perempatan, secara bersamaan tiba-tiba datang dari 4 arah yang berlawanan
dalam masalaha genting yaitu:
1.
Dari arah utara rombongan jamaah sholat
jum’at yang terburu-buru untuk menunaikan shalat jum’at karena waktu shalat
jum’at tinggal dua menit;
2.
Dari arah selatan ada roombongan tim
gegana yang akan meninakkan bom disebuah mall dan jika dalam dua menit tidak
segera dijinakkan bom akan meledak;
3.
Dari arah timur ada mobil pemadam
kebakaran yang akan memadamkan sebuah ruko yang terbakar, jika telat dua menit
api akan menjalar ke perumahan warga.
4.
Dari arah barat ada mobil ambulan yang
mengangkut korban kecelakaan maut, jika telat dua menit nyawa korban tidak akan
terselamatkan.
Jika peserta didik menjadi polisi
sebagaimana posisinya pada gambar di atas, manakah yang peserta didik dahulukan
beserta alasannya menurut lingkungan, sosial dan kemanusiaan dan agama.
3.
Metode
Pembelajaran
a.
Pemodelan
b.
Tanya jawab
c.
Inkuiri
d.
Diskusi
4.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan awal
1.
Apersepsi
-
Bertanya jawab tentang cara berdiskusi
-
Pendidik memberikan penguat atas materi diskusi
yang diterima peserta didik sebelumnya
2.
Pendidik memotivasi peserta didik untuk
melakukan sebuah diskusi
b.
Kegiatan inti
1.
Peserta didik mencermati sebuah
ilustrasi melalui sebuah gambar untuk disimak penuh perhatian.
2.
Peserta didik kemudian mendengarkan pemaparan
ilustrasi gambar untuk menemukan permasalahan dengan tekun.
3.
Peserta didik secara bersahabatdan kerja sama kemudian membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari 6
anak untuk mendiskusikan jawaban dari permasalahan yang telah disampaikan
pendidik dengan argumentasi yang sesuai yaitu berdasarkan lingkungan, sosial
dan agama.
4. Kelompok
tadi kemudian secara berurutan memaparkan jawabnnya di depan kelas dengan penuh tanggung jawab.
5.
Peserta didik yang lain dengan rasa hormat dan perhatian memberikan
sebuah tanggapan baik berupa persetujuanpersetujuan dengan etika yang baik dan santun.
6.
Siswa dalam kelompok lain mengemukakan
sanggahan dan penolakan dengan bahasa
dan etika yang baik disertai argumentasi dan pemikiran yang logis.
7.
Peserta didik yang lain memberikan
komentar terkait persetujuan, sanggahan,
dan penolakan yang disampaikan peserta diskusi
dengan memperhatikan etika berbicara yang santun.
c.
Kegiatan akhir
1. Peserta
didik dan pendidik membuat simpulan materi yang disampaikan
2. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
3. Menutup
kegiatan dengan doa dan salam
5.
Sumber/Bahan/Media
Pembelajaran
1. Sumber
pembelajaran
a. LKS
b. Buku
Teks Bahasa Indonesia VIII Erlangga
c. Internet
2. Bahan
Pembelajaran
a. Gambar/ilustrasi
permasalahan diskusi
3. Media
Pembelajaran
a. Lembar
ilustrasi/ bahan diskusi
b. Kotak
diskusi/undian
6.
Penilaian
a.
Teknik :
Unjuk kerja
b.
Bentuk Instrumen : Uji kerja dan produk
c.
Kisi-kisi Soal penilaian
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik Penialaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
Mampu menyampaikan persetujuan,
sanggahan dan penolakan pendapat dalam diskusi dengan etika yang baik dan
argumentatif dengan santun.
|
- Unjuk kerja
|
Uji kerja dan produk
|
1.
Bagaimana pendapat kelompokmu terhadap
pendapat yang terdapat dalam ilustrasi?
2.
Tulislah pendapat yang sesuai dan
pendapat yang tidak sesuai!
3.
Tulislah sanggahan yang muncul dan
penolakan usul yang muncul dalam diskusi !
|
d.
Rubrik penialaian
No
|
Unsur
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor yang dicapai
|
1
|
Persetujuan
|
Menyampaikan persetujuan dengan etika yang baik
dan santun
|
3
|
|
Menyampaikan persetujuan dengan etika yang
kurang baik dan santun
|
2
|
|
||
Menyampaikan persetujuan dengan etika yang tidak
baik dan santun
|
1
|
|
||
2
|
Sanggahan
|
Menyampaikan sanggahan dengan etika yang baik
dan santun
|
3
|
|
Menyampaikan sanggahan dengan etika yang kurang
baik dan santun
|
2
|
|
||
Menyampaikan sanggahan dengan etika yang tidak
baik dan santun
|
1
|
|
||
3
|
Penolakan
|
Menyampaikan persetujuan dengan etika yang baik,
santun dan argumentasi yang sesuai
|
3
|
|
Menyampaikan persetujuan dengan etika yang
kurang baik, santun dan argumentasi yang sesuai
|
2
|
|
||
Menyampaikan persetujuan dengan etika yang tidak
baik, santun dan argumentasi yang sesuai
|
1
|
|
Skor :
1 = KURANG
2= BAIK
3 = BAIK SEKALI
e.
Tabel Penilaian
NAMA
|
DARI
KELOMPOK
|
PENILAIAN
|
JUMLAH SKOR
|
||
PERSETUJUAN
|
SANGGAHAN
|
PENOLAKAN
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteriapenilaianskor = skordidapatsiswa X 100
Skormaksimal (9)
Guru Pamong,
ERNA SETYOWATI, S.Pd.
NIP. 19710125 199802 2 2006
|
|
Tuban, 27 Januari
2012
Mahasiswa,
KHOIRUS SHOHIH
NPM. 1105080067
|
0 komentar:
Post a Comment